GELOMBANG RADIO


Hello ..........ketemu lagi deh sama resti tapi nggak papa lah klo ktemu buat cari ilmu,pertemuan kita kali ini akan membahas tentang GELOMBANG RADIO mari kita simak di bawah ini .....



kalian tau gak sih apa itu gelombang radio ???




Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dari gelombang osilator (gelombang pembawa) dimodulasi dengan gelombang audio (ditumpangkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam Frekuensi Radio (RF; "radio frequency")) pada suatu Spektrum dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.



1.Frekwensi
Frekwensi adalah ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa dalam satuan waktu yang diberikan.

        

2.Modulasi adalah proses perubahan (varying) suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa suatu informasi.
Modulasi terdiri dari dua:
-    Modulasi analog
-    Modulasi digital

3.Modulasi analog
Proses modulasi merupakan respon atas informasi sinyal analog. Teknik yang dipakai dalam modulasi analog adalah:
1.Angle Modulatio
  a.Modulasi Fase (Phase Modulation – PM)
  b.Modulasi Frekwensi (Frekwency Modulation –FM)

2.Modulasi amplitude (Amplitudo Modulation -AM)
  a.Double-sideband modulation with unsuppressed carrier (used on the radio AM band)
  b.Double-sideband suppressed-carrier transmission (DSB-SC)
  c.Double-sideband reduced carrier transmission (DSB-RC)
  d.Single-sideband modulation (SSB, or SSB-AM), very similar to single-sideband suppressed carrier modulation (SSB-SC)
  e.Vestigial-sideband modulation (VSB, or VSB-AM)
  f.Quadrature amplitude modulation (QAM)
3.Modulasi Digital
Modulasi digital merupakan proses penumpangan sinyal digital (bit stream) ke dalam sinyal carrier. 
Pada dasarnya dikenal 3 prinsip atau sistem modulasi digital yaitu: ASK, FSK, dan PSK
  a.ASK
Amplitude Shift Keying (ASK) atau pengiriman sinyal berdasarkan pergeseran amplitudo, merupakan suatu metoda modulasi dengan mengubah-ubah amplitude.
Keuntungan yang diperoleh dari metode ini adalah bit per baud (kecepatan digital) lebih besar. Sedangkan kesulitannya adalah dalam menentukan level acuan yang dimilikinya, yakni setiap sinyal yang diteruskan melalui saluran transmisi jarak jauh selalu dipengaruhi oleh redaman dan distorsi lainnya.

Oleh sebab itu meoda ASK hanya menguntungkan bila dipakai untuk hubungan jarak dekat saja. Dalam hal ini faktor derau harus diperhitungkan dengan teliti, seperti juga pada sistem modulasi AM. Derau menindih puncak bentuk-bentuk gelombang yang berlevel banyak dan membuat mereka sukar mendeteksi dengan tepat menjadi level ambangnya

  b.FSK

Frequncy Shift Keying (FSK) atau pengiriman sinyal melalui penggeseran frekuensi.

  c.PSK

Phase Shift Keying (PSK) atau pengiriman sinyal melalui pergeseran fase. Dua jenis modulasi PSK yang sering kita jumpai yaitu :

 1)BPSK adalah format yang paling sederhana dari PSK. Menggunakan dua yang tahap yang dipisahkan sebesar 180° dan sering juga disebut 2-PSK. Modulasi ini paling sempurna dari semua bentuk modulasi PSK. Akan tetapi bentuk modulasi ini hanya mampu memodulasi 1 bit/simbol dan dengan demikian maka modulasi ini tidak cocok untuk aplikasi data-rate yang tinggi dimana bandwidthnya dibatasi.


 2)QPSK Kadang-Kadang dikenal sebagai quarternary atau quadriphase PSK atau 4-PSK, QPSK menggunakan empat titik pada diagram konstilasi, terletak di sekitar suatu lingkaran. Dengan empat tahap, QPSK dapat mendekode dua bit per simbol..



wahhhhh maaf ya aku cuma bisa ngasihh  informasi sedikit tapi mudah-mudahn bermanfaat untuk kalian yang baru belajar ilmu gelombang radio ini








0 komentar:

Posting Komentar