Tools Wireless Pada Winbox




Hay temen-temen jumpa lagi sama aku nihhh ..kali ini aku mau nerbagi ilmu sedikit tentang menu menu pada tools wirless pada winbox..
1. Login winbox
2. Masuk ke menu wireless --> ke tab interfaces .
Pada tab interfaces terdapat tool-tool wireless yaitu Scanner, Frequency Usage, Align, Sniffer dan Snooper.
atau bisa dengan cara : Wireless --> tab interfaces --> klik 2x wlan --> tab wireless .

Berikut Penjelasan masing-masing Tool wireless
a.      Scanner Tool Mikrotik
Scanner berfungsi untuk melakukan scan dengan memperlihatkan Access point mana saja yang aktif di sekitar perangkat. Scanner akan menampilkan informasi dari AP disekeliling Mikrotik secara detail mulai dari Mac Address, SSID, Band, Frequensi, Sinyal, SNR, Radio Name, sampai versi RouterOS nya (jika perangkat itu Mikrotik). Berikut ini contoh penggunaan Scanner. Dengan cara :
Wireless --> klik scanner --> klik start.

b.     Frequency Usage Tool Mikrotik
Tool ini berfungsi untuk melakukan scanning penggunaan frekuensi disekitar perangkat mikrotik. Frequency Usage akan menampilkan beban penggunaan masing-masing frekuensi apakah banyak digunakan atau jarang digunakan. Sehingga dapat menentukan frekuensi mana yang tidak terlalu banyak penggunanya untuk mengurangi interferensi. Dengan cara :
wireless --> klik Freq. Usage --> start .
c.      Torch
Torch merupakan tool monitoring yang dapat anda gunakan untuk melihat secara real time berapa jumlah bandwith yang sedang digunakan oleh setiap komputer, anda dapat melakukan monitoring berdasarkan IP Addres pengirim dan IP Addres tujuan untuk menggunakan tool ini dapat masuk dengan cara:
Wireless --> klik 2x WLAN --> klik Torch --> Start --> jika sudah muncul stop.
d.     Sniffer Tool Mikrotik
Packet Sniffer adalah tool yang disediakan dalam Mikrotik untuk menangkap dan menyadap paket-paket yang berjalan di jaringan. Tool ini sangat berguna untuk menganalisa trafik jaringan yang digunakan. Dengan cara :
wireless -->klik Sniffer --> klik setting --> centang multiple chanel dan receive errors --> apply --> ok.



e.  Snooper Tool Mikrotik
Dengan menggunakan Snooper tool maka bisa diketahui load dan besar traffic tiap frequensi dengan informasi yang lebih mendetail. Snooper dapat menampilkan info Access Point, jumlah Station dan Client nya, sinyal, serta masing-masing bandwidth nya. Dengan cara :
wireless --> klik Snooper --> klik Start.







 

0 komentar:

Posting Komentar